IKLAN

Translate

Senin, 10 September 2012

Baterai Lusi Pro Dibuat Dari Lumpur Lapindo

Inovasi – Lusi Pro adalah baterai jenis AA yang terbuat dari hasil olahan lumpur Lapindo Sidoarjo, Jawa Timur. Baterai tersebut kini ramai dibicarakan setelah menjadi juara kedua kompetisi Technopreneurship Pemuda 2012. 
Selalu ada hikmah disetiap kejadian atau bencana, kata tersebut tampaknya cocok untuk diberikan pada hasil inovasi anak-anak muda Universitas Negeri Semarang. Baterai bertenaga lumpur Lapindo Sidoarjo berhasil diciptakan oleh Aji Christian Bani Adam, Oki Prisnawan, Yoga Pratama dan Umarudin.
Berawal dari penelitian tentang kandungan lumpur Lapindo Sidoarjom, kedua lulusan UNS (Universitas Negeri Semarang) tersebut berhasil menciptakan baterai jenis AA. Kandungan Mangan dan ZInc yang tinggi dari lumpur Lapindo Sidoarjo mampu memberikan dampak positif untuk dikonversi menjadi baterai.
Awalnya Aji mengambil sampel lumpur dari kedalaman setengah meter, kemudia mereka melakukan penelitian dengan tahap pengekstrakan di laboratorium sehingga menyisakan mangan dan zinc yang kemudia mereka olah menjadi pasta.
Pasta yang berhasil mereka kumpulkan tearnyata mampu menjadi elektrit atau penghantar arus listrik pada baterai kering. Dimana cara kerja baterai tersebut memanfaatkan pasta yang telah mereka hasilkan. Baterai akan bertahan hidup selama pasta itu kering dan kemudai baterai akan mati.
“Daya pakai baterai Lusi sama seperti baterai yang sudah terkenal, bisa nyala sampai lima jam nonstop,” kata Aji. Lusi Pro juga mengungguli baterai buatan Cina

SUBHANALLAH...

cr: http://www.rootdiesomec.com/2012/08/13/baterai-lusi-pro-dibuat-dari-lumpur-lapindo/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Don't be silent reader :D